Tuesday 14 July 2020

Menyongsong Era Digital Dengan Pembelajaran Berbasis E-Learning

Masa pandemi covid-19 sampai dengan saat sekarang masih belum berakhir juga. Sungguh suatu hal yang sangat luar biasa dalam dunia pendidikan, karena sudah hampir lima bulan aktivitas belajar di sekolah di alihkan di rumah. Bahkan memasuki tahun pelajaran baru 2020/2021 yang sudah dimulai kemarin tanggal 13 Juli 2020, masih belum memungkinkan untuk datang dan belajar di sekolah. Namun dibalik itu semua ada suatu hikmah yang luar biasa pula karena dengan pengalihan belajar di rumah secara penuh, maka kita dipaksakan untuk dapat memanfaatkan teknologi digital dalam bidang komputer dan jaringan. Hal ini merupakan suatu hikmah yang sangat bermanfaat di tengah-tengah situasi yang masih dihimpit keamanan dan keselamatan akibat pandemi virus yang berkepanjangan.

SMPN 4 Bantarbolang sebagai salah satu institusi pendidikan jenjang menengah pertama di Pemalang, juga tidak ketinggalan untuk memanfaatkan celah belajar di rumah dengan memanfaatkan sistem belajar yang berbasis web electronic learning (e-learning). Web e-learning SMPN 4 Bantarbolang sampai dengan berita ini diturunkan sudah siap kerangkanya, Insha Allah mulai hari senin tanggal 20 Juli 2020 web e-learning akan secara resmi diluncurkan secara lengkap dari mulai materi pembelajaran, tugas-tugas sampai dengan ulangan harian.



Berkaitan dengan hal tersebut, para peserta didik dari kelas VII sampai dengan kelas IX, mulai sekarang sudah harus mengenal apa itu web e-learning. Oleh karena itu dalam postingan ini, admin mengajak para peserta didik untuk mulai mengenal tentang e-elearning. Apa itu web e-elearning? Mungkin pertanyaan pertama yang muncul seperti itu. Secara sederhana e-learning diartikan belajar dengan bantuan media elektronik (digital). Portal RUANG BELAJAR SPENPATBA ini juga salah satu media elektronik untuk belajar secara online, tetapi masih sangat umum, karena siapa saja dapat membuka. Nah...dalam e-learning, ada pembatasan secara khusus, yang dapat membuka adalah pengguna yang sudah di daftarkan. Kelebihan yang lain adalah dapat juga digunakan untuk bisa berkirim pesan (message) kepada user (pengguna) yang lain. Kemudian anda juga bisa langsung mengetahui nilai dari hasil belajar secara langusng.

Sebagai tahap perkenalan, silakan anda simak langkah-langkah berikut, mulai dari membuka sampai dengan upload foto profil.

berikut ini langkah-langkah yang harus dikerjakan untuk latihan membuka web e-learning SMPN 4 Bantarbolang - SMART.

  • Buka aplikasi web e-learning dengan cara klik saja di alamat ini http://bit.ly/elearning-spenpatba, maka akan muncul halaman untuk login (masuk) seperti gambar di bawah ini


  • Langkah selanjutnya, ketik username dan password. Untuk mengetahui username dan passwordnya, silakan dapat anda lihat dalam link berikut :

  • Setelah username dan password diketik, kemudian klik "LOGIN", maka akan muncul halaman awal (Dasbor) dari Web e-learning, seperti gambar berikut ini




  • Seperti terlihat dalam gambar di atas bahwa anda belum memiliki foto profil, oleh karena itu dalam latihan awal kali ini, silakan kalian siapkan foto, kemudian uploadkan ke dalam web. Caranya adalah seperti berikut.
  • Klik pada bagian kanan atas yang bertuliskan nama anda, maka akan muncul seperti tampilan berikut 




  • kemudian klik "PROFILE", maka akan muncul seperti gambar berikut 






  • Langkah berikutnya adalah klik "EDIT PROFIL", kemudian anda tarik layar ke bawah sampai muncul seperti gambar berikut, kemudian klik seperti "FILE" seperti yang ditunjukkan dengan anak panah berikut.






  • langkah berikutnya adalah anda diarahkan untuk memilih salah satu gambar yang tersimpan dalam memori HP anda. contohnya adalah seperti gambar berikut 




  • Setelah di klik salah satu foto, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini




  • Seperti terlihat dalam gambar di atas, silakan klik "UPLOAD THIS FILE", maka akan muncul gambar seperti berikut 





  • Foto yang sudah dipilih tadi akan kelihatan seperti gambar di atas, dan langkah yang terakhir adalah klik "UPDATE PROFIL", maka foto profil anda sudah tampil dalam web e-elearning, seperti gambar di bawah ini.





Demikian langkah-langkah awal membuka e-learning dari mulai login sampai dengan upload foto, dan hal ini sebagai tahap awal atau perkenalan. Oh ya, foto itu tadi wajib diupload dengan foto kalian yang terbaik, sama seperti kalian membuat foto profil dalam facebook atau instagram.

Untuk tahap berikutnya, nanti akan admin postingkan inti dari web, yaitu membuka materi pelajaran, tugas-tugas dan ulangan harian. Insha Allah, sebelelum hari senin, akan kami postingkan kembali, lengkap dengan videonya.

Demikian.....semoga bermanfaat. Sukses selalu untuk kalian. Dan jangan lupa sebarluaskan postingan ini ke teman yang lain.






1 comment:

  1. Selamat berselancar meraih pengetahuan menuju cita di masa depan. Semoga Tuhan memberikan berkah dan rahmat Nya kepada kita. Amin..

    ReplyDelete

Jika anda berkenan, silakan kirim komentar disini